Selasa, 30 September 2014

apa hikmah dari kegagalanmu

Di saat kita sedang berada di bawah siapakah yang slalu buat kamu
 untuk terus bangkit dan  dialah yang pantas
 untuk kau perjuangkan demi sebuah cita dan cinta
                                                                                    Roby jagadidaya
Sebuah pengorbanan dalam menjemput sebuah impian menjadi seorang wirausaha yang sukses seperti para senior-seniorku yang tlah terlebih dahulu dalam menjemput sebuah impian leawat jalur menjadi seorang pengusaha
Di pertengahan tahun 2011 saya merasakan amat teramat bosen menjadi seorang karyawan pada saat itu saya ingin mencari sebuah pekerjaan yang lebih besar dari sisi gajinya,dalam benakku saat itu jika gaji besar saya bisa menabung sebanyak-banyaknya demi sebuah impian dalam aku bekerja di ibu kota ini
Karana saya terus menerus menanyakan pada otak bawah sadarku,akhirnya semesta pun mendukung,saya menemukan sebuah poster seminar yang bertema wirausaha yang taglinenya saatnya yang muda menjadi wirausaha,dalam hatiku ini adlah jalan yang allah berikan dan saya langsung daftar ikut seminar kewirausahaan,dengan sebuah niatan ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses
Setelah saya mendaftar saya langsung transfer ke rekening yang di tuju dan langsung saya konfirmasi pembayarannya,dan tibalah hari  Hnya yang bertempatan di sebuah hotel di Jakarta saya meluncur dengan segenap rasa optimis akan menjadi seorang wirausaha yang sukses
Ternyata benar apa yang ada di benakku saat itu banyak dari para pemuda pemudi yang ikut seminar ini demi menjadi seorang wirausaha yang sukses,dan saya pun berkenalan pada beberapa teman dengan latar belakang yang berbeda ada yang masih menjadi seorang mahasiswa ada pekerja kantoran dan bahkan ada yag sudah punya usaha dan ada pula yang masih nganggur alias gak punya pekerjaan
Tapi saya melihat satu persamaan dari mereka yaitu sebuah HARAPAN,harapan yang akan mereka pupuk dengan sebuah aksi nyata demi meraih sebuah impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses di bidang mereka masing-masing
Seminar ini baru pertama kali saya ikuti dan rasa antusian para peserta pun sangat membara di kala sang mc sedaang menyapa para peserta seminar,dari jawaban dan tepuk tangan yang saya rasakan para peserta seminar ini sangat antusias dan sangat optimis dalam menjalani sebuah episode demi episode sebuah kehidupan kita masing-masing
Dan saat-saat yang kami tunggu-tunggu akhirnya tiba sang motivator dan ispirator akan memberikan sebuah ilmu-ilmu yang akan sangat manfaat bagi kami yang sedang kehausan oleh ilmu ini,dan saat sang motivator naik ke panggung tepuk tangan yang amat teramat meriah kami berikan kepada sang motivator itu,dan saat motivator mulai bicara kami semua langsung diam karna kami ingin mendengarkan setiap lantunan dari sang motivator ini
Ta sampai 2jam sang motivator memberikan siraman motivasi kepada kami,dan kami sangat semangat ingin menjadi seorang wirausahawan muda,dan satu hal yang saya inget dari motivator ini kalo mau jadi seorang wirausaha jangan banyak mikir banyakin actionnya,kalo kita ada kemauwan pasti akan ada jalan yang terbuka
Karena rasa yang menggebu-ngebu di dalam hati ini akan menjadi seorang wirausahawan,akirnya aku putuskan resign dari kerjaanku dan aku berjalan menuju ke jalur wirausaha,akhirnya tampa banyak mikir aku membuka usaha yang pertama kali dengan seorang teman,dengan modal dan ilmu seadanya kami memberanikan diri tuk terjun langsung menjadi wirausaha
Alhasil dengan ilmu yang pas-pasan usaha yang kita dirikan dengan merek R&J ini langsung bangkrut karna kami tak tau ilmunya dalam menjual produk di pasaran,Alhamdulillah ilmu baru dalam mempelajari sebuah ilmu dalam wirausaha dan usaha yang pertama di nyatakan GAGAL oleh Negara hehehe
Setelah kegagalan dalam membngun bisnis yang pertama gagal saya ada tawaran join bisnis dengan teman saya yang banyak uang tapi gak tau uangnya mau buat apa?dengan bermodalakan sebuah proposal,ku beranikan diri menawarkan sebuah usaha laundry yang cukup di minati di kala itu karna persaingan masih sedikit di kala itu,akhirnya patner bisnisku menyetujui dengan proposalku dan kami pun mulai berbagi tugas menyewa ruko dan mencari chanel buat beli perlengkapan laundry
Setelah persiapan kami sekitar 2bulanan kami mulai opening dengan nama house of laundry kami mulai membuka bisnis ku yang ke dua,setelah 3bulanan kami mempunyai banyak pelanggan dan kami ta mengambil 2karyawan untuk membantu kami dalam membereskan pakaian-pakaian para customer,banyak ilmu yang saya pelajari saat menjalani usaha laundry ini
Tapi setelah 3bulanan dan omset yang di hasilkan mulai menyentuh angka 10an juta/bulan,patnerku mulai ada permainan yang kurang baik dengan saya,secara tidak langsung dy mendepak saya karna dalam ikatan kerja sama kita ta memakai tulisan hitam di atas putih,sakit hati usaha yang ku rintis dan mulai tumbuh saya harus di depak oleh pihak patner,dan saya ikhlaskan saya keluar dari usaha bersama ini dan usaha yang ke dua saya di depak dari usaha yang ku rintis sndiri
Setelah kejadian demi kejadianku lewati,dengan perasaan yang teramat tercabik-cabik seorang sahabat dengan gagah datang dan memeluk ku dengan rasa yang hangat dan memberikan semangat yang teramat berharga di saat itu,dan akupun mengadukan pada ke dua orang tuaku dengan kondisi ini dan tak lupa ku mintai nasehat-nasehat yang teramat berharga buatku pada kondisi ini dan doa serta ridho dari ibu bapakku,karena ridho dan doa dari beliaulah yang akan membuat aku tetep tegar di kondisi ini
Merekalah yang slalu mencintai smua impianku dan merekalah yang slalu memberikan semangat tampaku harus meminta tuk di semangati,krna aku belajar dari sebuah kesalahan besar dan berani bermain bisnis tampa mengenali dulu ilmunya,akhirnya ku putuskan tuk belajar menjadi seorang yang handal dalam menjual yang ku kenal dari temenku,aku banyak belajar dari beliau tentang ilmu pemasaran produk dan cara memikat hati seorang konsumen,biar para kita menjadi seorang yang handal dalam menjual produk
Hari-hariku ku lewati dengan memantaskan diri dalam diriku menjemput sebuah impian.ku belajar lewat sebuah buku-buku bisnis yang banyak di toko-toko buku kebetulan hobyku adalah membaca dan menulis,ku belajar lewat pengusaha-pengusaha sukses di negri ini,dan ku praktekan ke dalam pekerjaan saya,dan sekali-kali aku mendatangi sebuah seminar-seminar dan training di ibu kota ini dengan harapan menimba ilmu lewat para pengusaha-pengusaha yang sudah sukses buat memantakan diri dari segi ilmu untuk bermimpi menjadi seorang pengusaha sukses
Tapi jalan yang ku lewati bukan jalan yang mulus dan tampa hambatan ternyata aku melewati jalan yang amat beramat berliku-liku,banyak sekali hal-hal yang terjadi slama berjalan di jalur wirausaha mulai gagal membuka bisnis kripik,di depak dari usaha laundry dan pernah di tipu oleh seseorang yang mengatas namakan investasi,tapi itu smua saya ambil hikmahnya dan pelajaran yang amat teramat mahal dalam hidup ini dalam mewujudkan sebuah impian
Dan inilah seninya hidup dan arti sebuah perjuanagan dalam hidup ku.kita di perkenalkan dengan sebuah masalah dulu baru kita bisa belajar dari sebuah masalah tersebut,dan smua ku lakukan karna ku sangat mencintai cita-citaku demi membahagiakan orang-orang yang ku cintai dan merekalah yang slalu membuatku bertahan di posisi yang sesulit ini.merekalah yang mencintai mimpi-mimpiku dan slalu berdoa buatku dengan ketulusan dari hatinya
Setelah sekian lama aku berjuang di jalur bisnis dan kejadian demi kejadian yang tlah ku lewati dalam mewujudkan impian,dan akupun bertemu dengan seorang mentor bisnis,dan kata mentor inilah kata-kata yang ku ingat”berjalanlah dengan kekuatan terbesarmu jangan ikut-ikutan trend saat ini,pahamilah apa potensi terbesar dalam dirimu,semua orang mempunyai jalan sukses masing-masing,ambilah jalan suksesmu sendiri dan berjuanglah di jalanmu sendiri”
Bagaikan tersambar petir si siang bolong.inilah mengapa saya sering patah semangat dalam mewujudkan sebuah impian,karna potensi terbesarku mungkin bukan di jalur wirausaha,sebuah pertanyaan dan penggalian potensi yang terus menerus aku usahakan demi menemukan sebuah potensi yang terbesar yang tlah allah siapkan untukku,tugasku kini membangunkannya
Dan sebuah privat coaching pun aku jalani pada saat itu aku ikut grup gali passion,di grup ini kami para peserta yang berjumlah 25orang di gali passion kita masing-masing,saya fokuskan apa yang benar-benar menjadi potensi dalam diriku,dan aku pun tak lupa berkenalan pada para peserta lainnya,dan rata-rata mereka adalah seorang pembisnis
Dan saat di Tanya hoby,aku langsung menjawab dengan membaca dan menulis dan saat di Tanya apa keahlian yang aku kuasai aku menjawab mengarang sebuah cerita,saat itu pula seorang mentor memberikan saya tugas untuk membuat sebuah tulisan tentang cinta,langsung aku menulis dan ku gunakan imajinasiku dalam menulis ku melakukan dengan senang hati
Dan si mentorpun bilang kenapa kamu gak focuskan menjadi seorang penulis aja,dan ingatlah potensimu ada pada menulis,pada saat itu aku mulai belajar menulis dengan penuh semangat dan ku cari sebuah bukuyang mengajarkan tentang teknik menulis dengan baik akhirnya ku temukan sebuah akun di twitter yang sering berbagi tentang tips-tips menulis akun itu bernama @briliAgung hehehe,dan lewat kultwitt inilah darah begitu cepat dalam mengalir,karena menemukan seorang mentor dalam hal menulis
Sebuah jalan yang begitu lebar yang harus aku lalui dari seorang gagalpreneuer yang ingin mengubah hidupnya menjadi seorang penulis produktiv,sebuah semangat yang terus aku jaga sebuah purnamaku dalam menulis,itulah di saat aku sedang kehilangan semangat aku ingat kembali apa yang menjadi purnamaku untuk menjadi penulis
Sebuah dukungan pun datang dari kedua orang tuaku dan para sahabat,berkat merekalah aku terus ingin mewujudkan impian demi impian yang ingin ku raih dengan menjadi seorang penulis,sebuah komitmen yang tlah ku ikatkan dengan diri saya sendiri untuk terus berjuang dan berdakwah lewat tulisan demi meraih ridho allah lewat jalur menulis
Kini aku dah tau harus kemana aku berjalan dan akan berkhir di mana,sebuah perjalanan yang cukup melelahkan tapi penuh dengan hikmah,setelah gelar yang ku sandang yaitu seorang gagalpreneur karna saya seringnya gagal dalam berbisnis menempel dalam diriku,kini ku lebih sering membaca apa yang tlah ku jalani slama ini,ku ambil hikmah dari setiap kejadian yang sangat luar biasa,ku ambil inti sarinya dan smoga saya bisa member arti yang baru buat para pemuda pemudi yang ingin menempuh jalur wirausaha sebagai jalan menuju kesuksesan
Dalam hidup jika kita ingin menjadi yang terbaik dalam hal apapun maka anda harus melawan ego anda sendiri yaitu dengan terus memantaskan diri anda sendiri dan belajar dari ahlinya,hal yang tercepat dan termudah dalam menjemput sebuah impian
Janganlah pernah takut dalam menjemput sebuah impian dan pantaskan dirimu dengan sebuah ilmu,belajarlah dari sang ahli di bidang yang ingin anda kuasai,belajar adalah seni yang terbaik dalam memantaskan diri anda dengan apa yang anda inginkan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar